3 Berita Seputar Yogyakarta

Yogyakarta memang kota yang penuh dengan berita. Selalu ada beberapa berita terbaru yang disajikan untuk Anda. Kali ini, Anda akan diajak untuk membaca 3 berita, mulai dari aturan liburan hingga berita Lamborghini modif dari Gunungkidul. 



Aparatur Sipil Negara yang Keluar Kota saat Liburan Akan Disanksi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) telah mengeluarkan pemberitahuan mengenai larangan atau pembatasan pegawai negeri sipil dan aparatur sipil negara meninggalkan kota daerah pada saat libur Isra Mikraj dan Nyepi. Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersiap memberikan sanksi kepada pelanggar.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan dalam sebuah pertemuan di Gedung Kantor Pemerintah Kota Yogyakarta bahwa bila secara eksplisit kita mengimplementasikannya, maka pihaknya berkeinginan untuk mengawasi seluruh ASN di DIY. Pemprov DIY Juga bersiap untuk menjatuhkan sanksi untuk mencegah ASN yang melanggar peraturan.

Sekda Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut juga mengatakan bahwa sanksi akan diatur sesuai jenis pelanggarannya. Beliau juga menjelaskan bahwa hukuman didasarkan pada perbedaan. Jika kecil, langsung bertanggung jawab. Jika menengah atau di atas, bisa jadi orang diatasnya lagi yang akan memberikan hukuman. Aji mengatakan apabila sanksi terhadap ASN yang melanggar aturan dimulai dengan peringatan. Namun, menurut dia, pelanggaran yang terus menerus bisa berakhir pada pemecatan yang memalukan.

Lamborghini dari Gunungkidul Kalahkan Tesla 

Pada tanggal 8 Maret 2021 lalu, sebuah bengkel di Yogyakarta yang mengubah mobil menjadi Lamborghini Aventador menjadi salah satu berita terpopuler. Berita ini banyak diperbincangkan oleh warga Yogyakarta. Begitu pula dengan mobil listrik Wuling yang dibanderol 65 juta rupiah mengalahkan Tesla.

Bengkel kustomisasi mobil kelas atas atau High Class Auto Custom merupakan nama bengkel yang legenda ini. Lamborghini Aventador berhasil lahir di Yogyakarta, tepat di bengkel tersebut. Bengkel milik Suharyanto yang berusah 43 tahun ini berhasil menyulap Mitsubishi Galant 2000 menjadi mobil super sport asli keturunan Italia.

Suharyanto mengaku pengerjaan Lamorghini sempat tertunda selama satu tahun. Padahal semula direncanakan menyelesaikan modifikasi dalam waktu 10 bulan. Mengenai detail modifikasinya, dia mengatakan hanya membuat bodi dan interiornya saja. Sedangkan untuk velg dan varian mobil lainnya, tergantung pemiliknya. Untuk Mitsubishi Galant, pemilik menambahkan suspensi udara. Selain itu, mesin yang semula terletak di bagian depan diubah menjadi bagian belakang agar mirip dengan aslinya, yakni Lamborghini.

Untuk bodi Lamborghini Aventador, Suharyanto mengaku tidak membelinya secara khusus. Dia membuatnya sendiri berdasarkan gambar yang diunduh dari Internet. Namun, diakuinya bagian tubuh tertentu harus dipesan secara khusus. 

Pembangunan Shelter Desa di Daerah Istimewa Yogyakarta

Wakil Ketua DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni Huda Tri meminta adanya perluasan cakupan kegiatan masyarakat DIY, termasuk shelter. Ia meminta agar dibuat tempat penampungan isolasi mandiri bagi warga yang dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19. Selain itu, DPRD mewajibkan pemerintah daerah DIY menganggarkan dana 100 juta rupiah untuk setiap shelter.

Huda mengatakan bahwa kelompok kerja memang perlu mendirikan panti perawatan dan isolasi mandiri di tingkat desa atau setidaknya di tingkat jalan. Penampungan adalah rumah yang nyaman bagi warga yang menderita ringan atau asimtomatik tetapi tidak mengalami kesulitan dalam isolasi mandiri. Menurut Wakil Ketua DPRD ini, langkah besar dari pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta ini harus digunakan sebagai bentuk pengobatan secepatnya. Dalam pantauannya, hanya Kabupaten Bantul yang bisa mengembangkan perdesaan dengan baik.


Comments