Penghalang Doa-doa Mustajab

Siapa yang belum mengetahui istilah mustajab ini?. Istilah ini digunakan banyak kalangan masyarakat muslim. Doa-doa mustajab merupakan doa yang dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini dikarenkan adanya kepasrahan diri makhluk kepada sang pencipta. Namun apakah anda mengetahui kapan doa mustajab bisa dilakukan?. Banyak orang yang berfikir bahwa doa mustajab adalah ketika mengalami kesulitan atau terkena bencana serta musibah di dunia.

Perlu anda ketahui bahwa berdoa tidak memandang siapa, apa, maupun di mana anda melakukannya. Allah tidak membatasi hambanya untuk meminta suatu hal dari-Nya. Namun perlu anda ketahui bahwa terdapat waktu-waktu tertentu agar doa yang anda panjatkan segera terkabul. Misalnya saja ketika melaksanakan ibadah wajib seperti sholat dan puasa. Keduanya adalah ibadah wajib yang dilakukan orang islam dengan maksud untuk mendekatkan diri kepada Allah. 

Penghalang Doa-doa Mustajab

Sebagian besar masyarakat yang beragama islam mestinya telah mendengar banyak terkait doa mustajab. Apakah Anda salah satunya?. Doa-doa mustajab merupakn doa yang dikabulkan oleh Alah SWT. Doa yang anda panjatkan tentunya ingin dikabulkan pula. Hendaknya meminta dengan cara yang baik-baik kepada-Nya. Jangan pernah khawatir ketika doa anda belum dikabulkan. Allah akan memberikan momen indah untuk mengabulkan doa yang anda panjatkan. Jangan pernah berfikir bahwa Dia tidak mengabulkan dan mendengarkan doa anda, hal tersebut sama dengan keluasan nikmat yang Dia berikan.

Terdapat banyak hal-hal yang diperhatikan agar doa anda dapat dikabulkan. Diantaranya waktu untuk berdoa, tempat dan ketulusan hati. Namun anda juga harus memperhatikan agar doa anda segerah diijabah oleh Allah SWT. Salah satunya menjauhi larangan dan menjalani perintahnya. 

Penghalang Doa

Salah satu dari alasan Allah tidak segera mengabulkan doa dikarenakan anda masih berbuat buruk kepada orang lain. Hal inilah yang harus segera dihindari oleh semua orang agar doa anda segere dikabulkan. Biasanya dalam hati pun terdapat perasaan sombong, iri dan dengki. Terkadang mulut pun mengucapkan kata kotor dan menyakiti perasaan orang lain. Dengan kata yang anda ucapkan dapat menjadikan hati seseorang merasa tersakiti. Hal ini lah yang tidak diperbolehkan oleh islam.

Kemudian mengkonsumsi makanan dan minuman haram yang keduanya benar-benar diharamkan oleh ajaran islam. Biasanya mengkonsumsi makanan curian, binatang yang menjijikkan, atau mengkonsumsi minuman beralkohol. Padahal hal tersebut pun telah disabdakan oleh nabi Muhammad, bahwa sesungguhnya Allah itu baik, tidak akan menerima kecuali yang baik-baik. Sabda tersebut mengatakan bahwa makanan yang baik pun bisa menjadikan anda mendekatkan diri kepada Allah, begitu pula sebaliknya.

Baca Juga : Ikuti Teladan Nabi Agar Doa Doa Mustajab

Penghalang Doa-doa mustajab lainnya adalah ketika anda berdoa dengan tergesa-gesa. Sebenarnya apapun yang dialkukan dengan cara tergesa-gesa pun tidak baik. Hal ini akan tidak memaksimalkan hasil ketika berusaha. Tedapat kecacatan dalam usaha maupun berdoa. Tergesa-gesa dalam berdoa terkesan bahwa anda tidak bersungguh-sungguh dalam mendekatkan diri kepada-Nya. Anda tidak bersungguh-sungguh meminta ampun dan perlindungan. Janganlah anda tergesa-gesa dala berdoa, hal ini akan mempengaruhi doa-doa yang anda panjatkan.

Terakhir hal yang paling tidak disukai oleh Allah SWT adalah ketika anda mendoakan orang lain dengan buruk misal meminta kepada Allah bahwa agar orang tersebut tertimpa musibah atau gulung tukar. Doa-doa yang tidak baik tersebut yang menjadikan anda lebih jauh lagi kepada Allah. Maka dari itu, janganlah sekali-kali mendoakan orang lain dengan buruk. Anda akan jauh dari nikmat-Nya.


Comments