Berita Jogja Hari Ini Terkait Pendidikan Di Masa Pandemi

 

Berita Jogja Hari Ini Terkait Pendidikan Di Masa Pandemi

Selain dikenal sebagai kota gudeg, Jogjakarta juga dikenal sebagai kota pendidikan. Bicara soal pendidikan di Jogja, dalam tulisan kali ini akan coba memberikan berbagai berita mengenai pendidikan yang ada di Jogja saat ini, terutama di masa pandemi virus corona. Berikut berita Jogja terbaru terkait pendidikan di masa pandemi :

  1. Semester Genap 2021, DIY Masih Lanjutkan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh


Seperti yang diketahui bahwa semester genap tahun ajaran 2020-2021 akan segera dimulai pada 4 Januari 2021. Tapi, guru dan siswa di Kota Yogyakarta masih akan tetap melanjutkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama satu semester kedepan. 


Hal ini disampaikan oleh Budi Santosa Asrori, selaku Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta. 

“Masih melanjutkan pembelajaran jarak jauh, tidak dilaksanakan dengan tatap muka. Karena perkembangan lonjakan kasus aktif Covid-19 di Kota Yogyakarta belum menurun,” kata Budi. 

Bahkan Budi pun menegaskan bahwa pihaknya sudah mensosialisasikan terkait hal ini kepada sekolah-sekolah di bawah kewenangan Disdik Kota Yogyakarta melalui surat edaran (SE) yang disebarkan sebelum masa libur sekolah pada saat ini.


  1. Gunawan Budiyanto Kembali Menjabat Sebagai Rektor UMY 2020-2024


Setelah melakukan proses penyeleksian sejak 21 Agustus hingga 30 September 2020, akhirnya Dr Ir Gunawan Budiyanto, MP, IPM, kembali diamanahkan menjadi rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) periode 2020-2024. Keputusan ini disampaikan oleh Prof Dr Lincolin Arsyad, MSc, selaku Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Gedung Ar Fachruddin B lantai 5 Kampus Terpadu UMY, Senin (28/12/2020). 


Proses pelantikan sendiri berjalan lancar dan khidmat yang juga disiarkan melalui akun Instagram Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Zoom, juga YouTube. Selama menjalankan kepemimpinan sebagai Rektor YMY sebelumnya, Gunawan Budiyanto telah mengantarkan UMY memperoleh berbagai prestasi yang membanggakan, diantaranya adalah Top 251 World University Rangkings Asia, Tops 75 University in Shouteast Asia, The best Muhammadiyah Higher Education Indonesia ranked 1, Top Private University Yogyakarta ranked 1, Top Private University Indonesia ranked 4, dan 15 Top University Indonesia.  


  1. UNY Masih Kaji Rencana dan Skema Perkuliahan Tatap Muka


Pemerintah pusat telah merencanakan proses pembelajaran tatap muka yang akan dimulai pada Januari 2021. Adanya rencana ini, membuat sektor pendidikan terutama perguruan tinggi untuk mengambil sikap yang pasti untuk anak didiknya. Walaupun sebenarnya proses pembelajaran tatap muka tetap menjadi wewenang pemerintah daerah dalam mengambi keputusannya. 


Didik Wardaya, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengatakan bahwa untuk rencana metoder pembelajaran tatap muka ini akan dimulai pada tingkat yang paling tinggi terlebih dahulu, yakni perguruan tinggi. “Rencananya akan dibuka untuk perguruan tinggi dulu. Agar menjadi landasan untuk tingkat yang lebih rendah. Namun, untuk kepastian pembelajaran tatap muka bisa dilakukan masih menunggu kebijakan dari Gubernur,” ujar Didik Senin (21/12/2020). 


Menanggapi hal tersebut, Prof. Dr. Margana, M.Hum, MA, selaku Plt. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), mengatakan bahwa pihaknya sudah mengkaji kebijakan guna mempersiapkan proses pembelajaran tatap muka. “Untuk skema pertama, pembelajaran tatap muka akan dilakukan untuk mahasiswa S1 yang berada di semester dua dan enam. Karena mahasiswa yang berada di semester dua belum pernah merasakan proses pembelajaran tatap muka. Sedangkan semester 6 untuk mempersiapkan tugas akhirnya,” tegas Margana. 



Comments