Berita Jogja Hari Ini

 

Berita Jogja Hari Ini


Dari sejak dulu ada istilah “Dunia Dalam Berita”. Artinya semua berita yang ada di seluruh penjuru dunia bisa diketahui oleh masyarakat. Apalagi di jaman teknologi canggih seperti sekarang ini. Orang bisa mendapatkan berita dari penjuru dunia dengan mudah dan cepat melalui televisi, radio atau gadget. 

Nah, bagi anda yang membutuhkan berita seputar Jogja, berikut rangkuman berita Jogja terbaru:

  1. UNY Sosialisasikan Proses Penerimaaan Mahasiswa Baru 2021 Pada SMA/SMK se-DIY


Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengundang 100 kepala sekolah atau perwakilan dari SMA-SMK se-DIY, di hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta pada Senin (21/12/2020). Hal ini dilakukan dalam rangka sosialisasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2021. 


Kepala Disdikpora DIY sekaligus alumnus dari UNY, Didik Wardaya, membuka langsung acara tersebut. Didik mengatakan, UNY merupakan salah satu universitas yang menjadi pelopor dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu di Yogyakarta. “Saya rasa tidak perlu diragukan lagi status UNY dalam mencetak generasi bangsa yang berbudi pekerti baik sesuai dengan mottonya, yakni takwa, mandiri, cendekia.” katanya pada acara sosialisasi PMB UNY, pada Senin (21/12/2020). 


Dalam PMB UNY 2021, ada dua jalur pendaftaran yang bisa dilakukan, yaitu melalui seleksi nasional dan mandiri, dengan daya tampung sebanyak 6.880 orang. Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi UNY.


  1. SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Gelar Khataman Baca Al Quran Secara Daring


Pada Rabu (29/7/2020) sebanyak 731 siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta (Muha) mengikuti khataman Al Quran yang dilakukan secara daring/online. Acara yang bertajuk ‘Muha Mengaji : Solusi di Masa Pandemi’ ini digelar dalam rangka memperingati Milad Muhammadiyah ke-111. 


Slamet Purwo, selaku Kepala SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta menjelaskan tentang kegiatan khataman Al Quran ini, yang mana setiap kelas akan menyelesaikan 1 juz yang dipandu masing-masing oleh wali kelasnya secara daring. “Kemudian juz 26-30 diselesaikan oleh anak-anak yang tergabung dalam ekstra Hafiz Al Quran, bapak dan ibu guru serta tenaga kependidikan. Masing-masing kelompok 1 juz. Alhamdulillah tepat pukul 09.30 WIB tadi, 30 juz terselesaikan,’ ujar Slamet. 


Hal ini dilakukan karena memang sesuai dengan motto SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta,’Unggul Dzikir, Unggul Pikir dan Unggul Skill, sehingga pihak sekolah berusaha untuk mendekatkan siswa pada Al Quran. 


  1. Ancaman Bahaya Merapi ke Barat Daya, Jumlah Pengungsi Glagaharjo Menurun


Jumlah pengungsi yang ada di barak pengungsian Glagaharjo, Cangkringan, Sleman mengalami penurunan. Hal ini terjadi disebabkan banyaknya pengungsi berusia produktif yang pulang kembali ke rumah masing-masing. Tercatat hingga Senin, angka pengungsi sebanyak 300 jiwa, atau mengalami pengurangan jika dibandingkan beberapa waktu lalu, yang sempat menembus angka 328 warga.


“Berkurang, tapi memang tidak terlalu banyak. Mereka yang pulang itu juga usia produktif yang sebenarnya belum wajib mengungsi, kata Suparmono selaku Panewu Cangkringan. Menurut Suparmono, pengungsi yang mulai meninggalkan barak pengungsian Glagaharjo disebabkan oleh aktivitas Gunung Merapi, yang lebih menampakkan bahayanya ke arah barat daya. Sedangkan posisi Glaharjo sendiri berada di sisi tenggara Gunung Merapi. 


Baca Juga: Berita Jogja Hari Ini Terkait Pendidikan Di Masa Pandemi

“Mungkin memang karena akhir-akhir ini guguran arahnya ke barat daya. Mereka mengatakan, mereka bisa lebih tenang soalnya Merapi sudah meleleh secara rutin,” ujar Suparmono. 

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang rangkuman berita di Jogja, semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya. 


Comments