Apa Itu Mandi Junub? Inilah Pengertian, juga Doa Mandi Junub

Apa Itu Mandi Junub? Inilah Pengertian, juga Doa Mandi Junub

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi umat muslim jika mendengar kata “Mandi Junub”, namun mendengar saja tidak cukup. Mari kita pahami lebih dalam lagi tentang apa itu mandi junub lengkap dengan doa mandi junub. Karena mandi junub menjadi sangat penting apalagi bagi pasangan suami isteri, hal ini berhubungan dengan kelangsungan ibadah kita kepada Yang Maha Kuasa maka wajib membersihkan diri agar dapat menjalankan ibadah dalam keadaan bersih nan suci.

Pengertian Mandi Junub

Mandi Junub merupakan cara membersihkan diri yang memiliki niat juga tata cara pelangsungannya sendiri bagi umat Islam. Menggunakan perantara air bersih nan suci yang mengalir di sepanjang tubuh lengkap dari ujung rambut sampai ujung kaki seperti mandi pada umumnya hanya saja berbeda niat dan kelengkapan tata caranya.

Tujuan utama dari mandi junub ini ialah membersihkan diri dari hadar besar agar dapat melangsungkan ibadah kembali. Maka dari itu harus dilakukan dengan benar, agar tidak ada hadas tertinggal dan ibadah anda akan menjadi sah di mata Yang Maha Pengasih.

Mandi wajib ini ternyata diperintahkan Yang Maha Esa pada Al-Qur’an surah Al Maidah ayat 6 yang memiliki arti “Dan jika kamu junub, maka mandilah.”. Ada juga perintah lainnya yang tertulis pada Al-Qur’an surah An Nisa’ ayat 43 yang memiliki arti “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu sholat, sedangkan kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi.”.

Doa atau Niat Mandi Junub

Doa tau niat untuk mandi wajib atau mandi junub ini terbagi menjadi beberapa katagori yaitu secara umum, lalu doa untuk pria, doa untuk wanita setelah haid, dan doa untuk wanita setelah nifas sebagai berikut:

  • Doa Mandi Junub Secara Umum

"Bismillahirahmanirahim Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbari fardhol lillahi Ta'ala.” Yang artinya: "Dengan Menyebut Nama Allah Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardu karena Allah Ta’ala."


  • Doa Mandi Junub untuk Pria

"Bismillahirahmanirahim  Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta'ala." Yang artinya: "Dengan Menyebut Nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena allah ta'ala."


  • Doa Mandi Junub untuk Wanita Setelah Haid

"Bismillahirahmanirahim  Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil haidi lillahi Ta'ala.” Yang artinya: "Dengan Menyebut Nama Allah Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta’ala."


  • Doa Mandi Junub untuk Wanita Setelah Nifas

"Bismillahirahmanirahim Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil nifas lillahi Ta'ala.”

Yang artinya: "Dengan Menyebut Nama Allah Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta’ala."

BACA JUGA : SHOLAT SUNNAH QOBLIYAH

Seperti itulah tadi pengertian dari mandi junub atau juga sering disebut dengan mandi wajib, yang ternyata sudah diperintahkan langsung oleh Allah SWT Sang Maha Pengatur Segalanya. Kemudian dari segi niat atau doa juga dibagi kembali mejadi 4 jenis yang ditujukan untuk beberapa golongan umat muslim. Sehingga tidak bingung lagi kita ini harus menggunakan niat atau doa mandi junub atau mandi wajib yang benar yang seperti apa.

Maka tunggu apa lagi? Jangan sampai hadas besar mengganggu kelangsungan ibadah anda kepada Yang Maha Menguasai Semesta Alam, karena hidup hanya sekali jangan sia-siakan waktu anda.


Comments