Kumpulan Doa Akhir Majelis dan Artinya



Ketika belajar, adabnya adalah berdoa sebelum dan sesudahnya. Perilaku ini juga senantiasa dilakukan ketika menghadiri sebuah majelis. Seorang penceramah yang baik tentu mesti tahu doa akhir majelis agar apa yang telah disampaikan dapat tersimpan ke dalam benar pendengarnya. Doa akhir majelis pun mesti dibaca oleh setiap umat. Maka dari itu, belajarlah berdoa akhir majelis guna mendapatkan manfaat dari ilmu yang telah didapatkan. Berikut ini kumpulan doa akhir majelis beserta artinya yang perlu dipahami.

1. Berdasarkan hadis Tirmidzi diriwayatkan Abu Hurairah R.A.

Dalam hadis tersebut, Rasulullah SAW. bersabda:

سُبْحانَكَ  اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ  لا إِلهَ إِلا أنْتَ  أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Artinya:

"Mahasuci Engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku memohon ampun pada-Mu."


2. Doa penutup majelis

اللَّهُمَّ لا سهل الا ما جعله سهلا

Artinya:

"Ya Allah, mudahkanlah segala urusan kami. Karena tidak ada yang mudah kecuali Engkau jadikan mudah.”


3. Doa akhir majelis

اَلّلهم فْتَح عَلَيْنا اَبْوَابَ  الْخيْر وَ اَبْواب الْبَركَاة وَاَبْوابَ  النِّعْمَه وَاَبْوابَ الرّزْقِ وَاَبْوابَ  الْقُوة وَاَبْوابَ الصِّحَةِ وَاَبْوابَ  السَّلامَة بِرَحْمَتِكَ  ياَ اَرْحَمَ الرّحِمِيْن

Artinya:

"Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu kebajikan, pintu berkah, pintu rahmat, pintu kekuatan, pintu reski, pintu kesehatan dan pintu keselamatan. Karena hanya Engkaulah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.”


4. Doa akhir majelis ilmu

اَلّلهم اِنّاَ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الهَم وَالْحُزْنِ وَاَعُوْذُ بك من الْعَجَز وَالْكَسْلِ

Artinya:

"Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari keragu-raguan hati dan duka cita. Dan kami berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas.”

5. Doa akhir majelis 

ربنا  اَفْرغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبّتْ  اَقْـدَامَنَا ربنا  آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَة وَفِى الاخرة حَسَنة وَقِنأ عَذَابً النّار سبحان رَبّكَ رَبّ  العِزّةِ عَمّا يَصِفُوْنَ  وَسَلام على  الْمُرْسَليْن والْحَمْدُ لِلهِ رَبّ  الْعَالَمِيْن

Artinya:

"Ya Allah, curahkanlah kesabaran atas kami dan teguhkanlah pendirian kami terhadap cobaan dan kebenaran. Ya Allah, berkahilah semua ilmu yang kami dapat selama kegiatan ini, sehingga kami dapat mengamalkan setelah kami bubar dan ke rumah masing-masing. Sehingga kami bisa menjadi suri tauladan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.”


6. Doa penutup majelis

اللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ  مَا تَحُولُ بِهِ بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعَاصِيكَ ، وَمِنْ طَاعَتِكَ  مَا تُبَلِّغُنَا بِهِ جَنَّتَكَ ، وَمِنَ الْيَقِينِ  مَا تُهَوِّنُ عَلَيْنَا مَصَائِبَ  الدُّنْيَا 

Artinya:

“Ya Allah, pisahkanlah kami dari ketakutan-Mu, apa yang tidak Engkau ubah di antara kami dan di antara pengembaraan-Mu, dan dari ketaatan-Mu kepada apa yang telah diberitahukan kepada-Mu, dan dari waktu-Mu.”

7. Doa penutup majelis ilmu

اللَّهُمَّ مَتِّعْنَا بأسْمَاعِنا ، وَأَبْصَارِنَا ، وقُوَّتِنَا مَا أحْيَيْتَنَا ، وَاجْعَلْهُ الوارثَ مِنَّا ، وَاجْعَلْ  ثَأرَنَا عَلَى مَنْ ظَلَمَنَا ، وَانْصُرْنَا عَلَى مَنْ عَادَانَا ، وَلاتَجْعَلْ  مُصيبَتَنَا فِي دِينِنَا ، وَلاتَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا ، وَلا مَبْلَغَ عِلْمِنَا ، وَلا تُسَلِّطْ  عَلَيْنَا مَنْ  لا يَرْحَمُنَا

Artinya:

“Ya Allah, anugerahkanlah untuk kami rasa takut kepada-Mu, yang dapat menghalangi antara kami dan perbuatan maksiat kepada-Mu, dan ketaatan kepada-Mu yang akan menyampaikan Kami ke surga-Mu dan keyakinan yang akan menyebabkan ringannya bagi kami segala musibah dunia ini. Ya Allah, anugerahkanlah kenikmatan kepada kami melalui pendengaran kami, penglihatan kami dan dalam kekuatan kami selama kami masih hidup, dan jadikanlah ia warisan dari kami. Jadikanlah balasan kami atas orang-orang yang menganiaya kami, dan tolonglah kami terhadap orang yang memusuhi kami, dan janganlah Engkau jadikan musibah kami dalam urusan agama kami, dan janganlah Engkau jadikan dunia ini sebagai cita-cita terbesar kami dan puncak dari ilmu kami, dan jangan Engkau jadikan orang-orang yang tidak menyayangi kami berkuasa atas kami.”

Demikian itu adalah kumpulan doa akhir majelis yang dapat anda pelajari dan hafalkan. Semoga dengan doa-doa tersebut, kita semua mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Comments