Pahami Beberapa Hal-Hal Berikut Sebelum Melakukan Doa Novena


Doa Novena Katolik harus dilakukan dengan metode atau cara yang tepat. Bukan hanya sembarangan dilakukan doa novena ini misal mungkin didasari kewajiban yang biasa saja. Pada umumnya, doa satu ini ialah permohonan kepada Tuhan untuk mendoakan hal tertentu atau mendoakan keinginan yang hendak ingin dicapai sesuai pribadi masing-masing. 

Misal doa untuk usaha lebih lancar, dan keinginan lain sebagainya. Oleh karena itulah harus mengetahui beberapa hal yang mendasari berdoa Novena ini. 

Kali ini akan dibahas beberapa persiapan yang harus dipahami sebelum mendaraskan doa Novena tersebut agar lebih berkenan.


Pahami doa Novena terlebih dahulu

Doa yang satu ini merupakan doa yang terdapat dalam ajaran Katolik. Doa novena sebenarnya dilakukan lewat pembacaan rangkaian spesifik. Doa ini disertai permohonan atau permintaan mengenai hal tertentu. Doa Novena dilakukan dengan waktu sembilan hari atau sembilan jam. 


Ketahui kandungan yang terdapat dalam doa Novena

Novena merupakan doa yang mempunyai nilai spiritual sangat besar dan ditujukan ke Tuhan Yesus. Ada hal yang sangat penting dalam doa novena, mengingat maknanya dalam, maka tidak seharusnya melakukan doa ini dengan sembarangan.

Jangan melaksanakan doa novena dengan cepat juga. Perlu diketahui, harus melakukan doa novena dengan penuh iman dan keyakinan agar yang disampaikan bisa berkenan. 


Cari tahu sejarah Novena

Sebelum memulai doa novena, lebih baik ketahui sejarah dari doa tersebut. Ketika Yesus sudah ke surga, seluruh murid-muridnya terus menerus berdoa dengan waktu cukup panjang sampai sembilan hari. 

Novena sendiri dari latin namanya, artinya yaitu Sembilan. Oleh karena itu, dilakukan doa ini hingga sembilan hari serta diajarkan di dalam Katolik hingga saat ini yang memiliki tujuan tertentu. Dengan memahami sejarah tersebut, kita lebih memahami diri kita sendiri mengapa hendak mendaraskan doa novena.


Cari tahu alasan melakukan doa ini

Doa novena bukan doa sembarangan, doa ini memiliki makna dan bertujuan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan Yesus. Novena sebenarnya jelas bertujuan memuliakan Tuhan, lalu mengekspresikan benak diri dan menyerahkan kepada Tuhan.

Dari doa novena ini bisa menjadi salah satu bentuk koneksi bersama Tuhan. Lebih baik sebelum berdoa Novena, persiapkan hati. Jangan melakukan doa novena karena hanya terpaksa saja, melainkan perlu dengan hati tulus.

Berdoa novena juga tidak boleh ada gangguan. Dengan begitu, seluruh doa novena bisa dilakukan jelas dan berkenan.


Memahami dasar-dasar doa Novena

Doa novena sebenarnya mempunyai empat hal yang menjadi dasar. Beberapa dasar yang dimaksud terdapat pada doa novena yaitu berkabung, permohonan, persiapan, dan juga pertobatan. 

Lewat keempat hal ini, doa novena biasanya dilakukan dengan metode berbeda. Termasuk juga dengan waktu berbeda juga.


Tetap berkomitmen

Bukan hanya dilakukan doa novena ketika gembira saja, misal merasa bersyukur terhadap yang didapatkan. Doa novena perlu dilakukan juga dalam keadaan lain. Karena adalah kewajiban kita selalu bersyukur dalam kondisi apa pun yang dialami. 

Novena bukan merupakan doa saat mendesak, atau dilakukan ketika sedang lalu hendak mendapatkan jawaban yang benar dari Tuhan. Doa Novena harus dilakukan dengan hati tulus, penuh dengan iman tanpa ada tujuan mencari kepuasan saja, melainkan berasal dari rindu untuk bersekutu atau lebih dekat dengan Yesus.

Jika memang tak didasari ketulusan atau kerinduan hati dalam menyembah, maka percuma melakukan Doa ini karena tidak bisa mendapatkan makna yang berkenan.


Comments