Kumpulan Hadits Tentang Sedekah


Bersedekah termasuk amalan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut sedekah sebagai burhan (bukti). Pasalnya, sedekah merupakan bukti iman seseorang terhadap adanya hari kiamat. 

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman dalam Al Quran,

Artinya : “Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah : 245).  

Ayat lainnya Allah berfirman dalam Al Quran yang artinya sebagai berikut:

“Hendaklah orang yang mampu memberik nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (QS. At-Talaq : 7)

Selain itu, bersedekah juga merupakan amal ibadah yang sangat disukai Allah Subhana wa Ta’ala. Keutamaan bersedekah ini telah dijelaskan dalam kumpulan hadits sedekah sebagai berikut :

Hadits 1

Dalam sebuah hadits dari Abu Malik al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sholat adalah cahaya, sedekah itu burhan, dan sabar itu sinar.” (HR. Muslim 556 & Ahmad 22902).

Hadits 2

Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sedekah secara sirri (secara rahasia) memadamkan murka Allah dan sedekah secara terang-terangan merupakan perisai dari neraka.”

Hadits 3

Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sedekah itu bisa menutup 70 pintu keburukan.”

Hadits 4

Dari Adi bin Hatim mengatakan, Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jagalah diri kalian dari api neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma.” Kemudian beliau berpaling dan menyingkir, kemudian beliau bersabda lagi: “Jagalah diri kalian dari neraka.” Kemudian beliau berpaling dan menyingkir (tiga kali) hingga kami beranggapan bahwa beliau melihat neraka itu sendiri, selanjutnya beliau bersabda “Jagalah diri kalian dari neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma, kalaulah tidak bisa, lakukanlah dengan ucapan yang baik.” (HR. Bukhari) (No. 6539 Fathul Bari) Shahih

Baca juga: Beberapa Nama Bayi Laki-Laki Islam dan Artinya yang Indah


Hadits 5

Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Setiap kebaikan adalah sedekah.” (HR. Bukhari)

Hadits 6

Dari Abu Hurairah berkata Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila seseorang meninggal, maka seluruh amalnya terputus kecuali tiga hal; sedekah jariyah atau ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

Hadits 7

“Dari Abu Al Aswadi Ad Duali dari Abi Dzar berkata, Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Pada setiap pagi, pada tiap-tiap ruas persendian di antara kalian memiliki hak, yaitu sedekah. Setiap tasbih (subhanallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar makruf termasuk sedekah, mencegah dari kemungkaran termasuk sedekah, makan mencukupi demikian itu adalah sholat dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim).  

Hadits 8

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bersedekahlah, karena sedekah itu sebagai pelepasmu dari neraka.” (HR. ad-Daraqutni, At-Thabrani, Abu Nuaim, Al-Baihaqi, dan Ibn Asakir). 

Hadits 9

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang bersedekah dengan sebutir kurma hasil dari usahanya sendiri yang baik (halal) dan memang Allah tidak menerima kecuali yang baik saja, maka sungguh Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya lalu akan memeliharanya untuk pemiliknya sebagaimana jika seorang dari kalian mengasuh anak kudanya hingga membesar seperti gunung.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim). 

Baca juga: Penghalang Doa-doa Mustajab

Comments