Kumpulan Hadits Tentang Sholat



Dalam ajaran Islam sholat memiliki kedudukan yang sangat tinggi. Selain sebagai tiang agama, sholat juga juga menjadi pemisah antara keislaman dengan kekufuran. Begitu pentinya sholat, sehingga tidak aneh kalau Nabi memberikan perhatian khusus tentang sholat ini. 

Bicara tentang sholat, dalam kesempatan kali akan mencoba memberikan kumpulan hadits tentang sholat sebagai berikut : 

Hadits 1

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah sholat Isya dan sholat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651).

Hadits 2

Dari Tsauban radhiyallahu ‘anhu bekas budak Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam, beliau mendengar Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Pemisah antara seorang hamba dengan kekufuran dan keimanan adalah sholat. Apabila dia meninggalkannya, maka dia melakukan kesyirikan.” (HR. Ath-Thobariy dengan sanad sahih).

Hadits 3

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari datuknya, ia berkata: Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Suruhlah anak-anak kecilmu melakukan sholat pada (usia) tujuh tahun, dan pukullah mereka (bila lalai) atasnya pada (usia) sepuluh tahun, dan pisahkanlah mereka pada tempat-tempat tidur.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud, dalam Nailul Author juz 1, hl. 348). 

Hadits 4

Diriwayatkan Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Diwajibkan sholat itu pada Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam pada malam Isra’, lima puluh kali. Kemudian dikurangi sehingga menjadi lima kali, kemudian Nabi dipanggil. “Ya Muhammad, sesungguhnya tidak diganti (diubah) ketetapan itu di sisi-Ku. Dan sesungguhnya lima kali itu sama dengan lima puluh kali.” (HR. Ahmad, Nasi dan Tirmidzi. Dan Tirmidzi menshohihkannya, dalam Nailul Author juz 1, hal 334). 

Hadits 5

Diriwayatkan dari Mu’adz bin Jabal, Nabi  shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Inti (pokok) segala perkara adalah Islam dan tiangnya (penopangnya) adalah sholat.” (HR. Tirmidzi no. 2825). 

Baca juga: Kumpulan Hadits Tentang Sedekah

Hadits 6

Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma. Beliau berkata bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan sholat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu), (50 berpuasa di bulan Ramadhan.” (HR. Muslim no. 122).

Hadits 7

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Ash, dari Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau pada suatu hari menerangkan tentang sholat, lalu beliau bersabda, “Barangsiapa memeliharanya, maka sholat itu baginya sebagai cahaya, bukti dan penyelamat pada hari qiyamat. Dan barangsiapa tidak memeliharanya, maka sholat itu baginya tidak merupakan cahaya, tidak sebagai bukti, dan tidak (pula) sebagai penyelamat. Dan adalah dia pada hari qiyamah bersama-sama Qarun, Fir’aun, Haaman, dan Ubay bin Khalaf.” (HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 343).  

Hadits 8

Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha berkata bahwa Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Suatu saat akan datang para pemimpin. Mereka melakukan amalan ma’ruf (kebajikan) dan kemungkaran (kejelakan). Barangsiapa mengetahui bahwa itu adalah kemungjaran maka dia telah bebas. Barangsiapa mengingkarinya maka dia selamat. Sedangkan (dosa dan hukuman adalah) bagi siapa yang ridho dan mengikutinya.” Kemudian para sahabat berkata. “Apakah kami boleh memeranahi meraka?”  Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Jangan selama mereka mengerjakan sholat.” (HR. Muslim no. 4906).   

Comments